Minggu, 12 Oktober 2014

KHASIAT "AIR PUTIH" UNTUK KESEHATAN



Air putih merupakan minuman yang segar dan menyehatkan untuk seluruh anggota tubuh kita. Ketika kita merasakan haus tandanya tubuh kita membutuhkan asupan cairan dalam waktu segera. Setiap hari kita kehilangan air melalui keringat, urine, nafas, dan BAB. Penting untuk selalu mengisi tubuh kita dengan air minum, dari mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung air. Berdasarkan faktanya, seluruh organ tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan.

Idealnya minum air putih paling tidak 8 (delapan) gelas per harinya. Jika ini tidak terpenuhi kemungkinan tubuh kita akan mudah terserang capek dan kurang produktif dalam beraktifitas. Daripada minum-minuman yang mengandung soda, lebih baik kita minum air putih karena banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.
1.      Memperlancar sistem pencernaan
Air juga membantu proses pencernaan, karena ia menjaga ginjal bekerja secara normal. Jika kekurangan air dalam tubuh, maka akan mengakibatkan sembelit. Jadi orang-orang dengan masalah sembelit harus minum banyak air untuk menjaga sistem pencernaan mereka normal kembali.
2.      Menjadikan kita awet muda
Air dapat membuat kulit kita terlihat  segar dan bugar,  sehingga minum air akan menjaga agar terhindar dari keriput.
3.      Mengeluarkan racun dalam tubuh
Jika konsumsi air terpenuhi, maka racun dan kotoran lain akan keluar melalui urine dan keringat yang kita keluarkan. Setidaknya dapat mengurangi zat-zat bahaya dalam tubuh.
4.      Mencegah penyakit batu ginjal
Kebanyakan orang yang kurang minum merasakan sakit pada ginjalnya. Untuk itu disarankan agar banyak konsumsi minum setiap harinya agar batu ginjal yang ada dalam tubuh dapat keluar.
5.      Memperlancar buang air besar
Buang air besar secara rutin setiap harinya sangatah bagus untuk kesehatan. Dan air putih disini berperan untuk memperlancar proses buang air besar tersebut.

6.      Baik untuk Otak
Otak kita sebagian besar terdiri dari air, sehingga minum air dapat membantu cara berpikir yang lebih baik, dan mudah untuk berkonsentrasi sehingga kita akan mudah menjalani aktifitas keseharian.
7.      Menjaga otot agar tetap sehat
Peremajaan Otot Dan Sel-Sel Darah kita. Jika kita minum air putih di pagi hari bermanfaat untuk memperbaharui organ otot serta seluruh sel darah di tubuh. Dan mengkonsumsi air yang cukup dapat membantu menjaga kontraksi otot yang normal dan mencegah kram otot. Hal Ini akan membantu jika kita sedang berolahraga, sehingga menjadi lebih kuat dan sehat.
Itulah beberapa manfaat air putih yang tentu baik untuk kesehatan diri kita. Untuk tetap sehat mulailah dengan hal-hal yang kecil, yakni membiasakan mengkonsumsi minum air putih yang cukup. :) #kikired

8 komentar:

  1. wah... memang ya sist air putih itu khasiat sekali untuk kesehatan.. thnks sist infonya.. :)

    BalasHapus
  2. bener gak sih minum air putih yang banyak bisa bikin kurus badan?

    BalasHapus
  3. @shima : tergantung dengan apa yang kita konsumsi kaka, jadi kita harus pintar menajaga pola makan kita :)

    BalasHapus
  4. ooooo gitu ya kak,
    postingin tentang cara gemukin dong tapi yang sehat hehe

    BalasHapus
  5. numpang tanya dong kak, saya pernah tahu ada orang yang minum air putih malah merasa mual??
    bagaimana mengatasinya??

    BalasHapus
  6. @shima : makasii yah :) , tunggu postingan selanjutnyaa

    @desy : merasa mual ?? apa sudah di cek ke dokter ? mungkin rasa mual bukan di sebabkan karena air putih, melainkan kondisi tubuh yang kurang fit :)

    BalasHapus
  7. bagaimana dengan orang yang jarang sekali minum air putih? atau sangat sulit membiasakan minum air putih, soalnya saya punya temen, setiap selesai makan paling-paling cuma minum sedikit sekali, lalu apa sih dampak panjang yang dirasakan apabila kita kekurangan minum air putih?? thyanks :)

    BalasHapus