Minggu, 12 Oktober 2014

4 SEHAT 5 SEMPURNA




Makan merupakan hal utama yang dibutuhkan manusia dalam kelangsungan hidupnya. Sebagai penambah tenaga atau sumber energi serta pertumbuhan seluruh organ tubuh utamanya otak untuk aktifitas keseharian. Makanan yang seharusnya kita konsumsi sebaiknya makanan sehat, di Indonesia sudah terkenal dengan slogan 4 sehat 5 sempurna. Ya. Ini tidak bisa kita remehkan, semua kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh sudah seharusnya kita konsumsi. Makanan apa saja yang harus kita konsumsi agar 4 sehat 5 sempurna terpenuhi ? 

1.       Makanan Pokok
Menjadi hal yang penting karena merupakan sumber tenaga. Untuk itu dalam menu makanan kita, kandungan makanan berkarbohidrat lah yang harus dikonsumsi seperti nasi, jagung, gandum, kentang, serta umbi-umbian.

2.       Lauk Pauk
Ini menjadi pendamping makanan pokok sebagai pembangun untuk tubuh. Makanan yang banyak mengandung protein seperti telur, ikan, ayam, tempe, tahu, dan daging.

3.       Sayur-sayuran
Sangat baik untuk tubuh baik dimasa pertumbuhan, dan perkembangan. Sayuran yang kita konsumsi juga berperan sebagai daya tahan tubuh atau pengatur tubuh kita untuk tetap sehat bebas penyakit. Sayuran yang banyak mengandung protein nabati, vitamin, serat seperti kangkung, bayam, tomat, cabe, kacang panjang, brokoli dan sayur bewarna hijau lainnya.

4.       Buah-buahan
Sangat baik untuk dikonsumsi selain sayuran. Buah menjadi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, air, serat, yang baik untuk proses pencernaan. Semua buah tidak terkecuali baik untuk dikonsumsi karena masing-masing dari mereka mempunyai kandungan zat yang baik yang dibutuhkan untuk tubuh.

5.       Susu
Merupakan pelengkap setelah 4 makanan sehat yang sudah disebutkan di atas. Susu menjadi penyempurna menu makanan yang sehat yang seharusnya kita konsumsi setiap harinya. 

4 sehat 5 sempurna slogan yang sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia. Ini diharapkan agar masyarakat indonesia menyadari bahwa pentingnya menjaga pola makan yang baik dan mengandung gizi yang sesuai dan pas untuk tubuh kita. Selamat mencoba :) #kikired

5 komentar:

  1. thx infonya juga ttg 4shat 5smpurna ini sist.. oh ya sist request dong diet yg sehat itu kayak gmna ? .

    BalasHapus
  2. makasiii kak emma :3
    tetap kunjungi blog ini yah, akan ada postingan tentang tips diet yang baik untuk kesehatan :)

    BalasHapus
  3. iya dong kak kasih info diet tapi masih tetep menjaga 4 sehat 5 sempurna

    BalasHapus
  4. hmmmm tunggu postingan selaanjutnyaa kaka :)

    BalasHapus