Senin, 20 Oktober 2014

Hai Kamu ? ? ! Sudah Proposionalkah ?


Berat badan menjadi hal yang sensitive bagi kaum wanita bahkan kaum pria. Merasa kegemukan, kekurusan atau kurang ideal. Memiliki berat badan ideal dan bentuk tubuh proporsional adalah impian bagi setiap orang. Maka tidak heran jika banyak yang rela melakukan apapun agar badan menjadi ideal. Berat badan ideal biasanya dihitung dengan rumus yang mengacu pada tinggi badan.  Mengetahui berat badan kita sangat diperlukan, karena dengan begitu kita dapat memahami tubuh kita sendiri, bagaimana kita mengatur pola makan serta gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sudah idealkah kamu ?
Cara mengetahui berat badan kita dapat dilakukan dengan  :

1. Indeks Masa Tubuh (BMI)
Secara teori pengertian BMI adalah perbandingan antara ukuran “berat” terhadap “tinggi” badan. BMI pada  umumnya digunakan untuk menggolongkan orang dewasa ke dalam kategori underweight (kekurangan berat badan), overweight (kelebihan berat badan) dan Obesitas (kegemukan). Rumus menghitung BMI sangat mudah, yaitu dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan kuadrat dari tinggi badan dalam satuan meter (kg/m²). 



Kemudian untuk mengkategorikan klasifikasi berat badan, hasil hitung BMI  dicocokkan pada Tabel Klasifikasi BMI  menurut versi organisasi kesehatan dunia, WHO yang telah disepakati :


Tabel Klasifikasi BMI menurut WHO




Misalkan berat badan kamu adalah 81 kg dan tinggi adalah 171 cm, maka BMI Anda adalah 81/(1,71)² = 27.70 kg/m². Bila dicocokkan dalam tabel di atas maka Anda termasuk dalam kategori pre-obese.

2. Dengan acuan Tinggi Badan

Misalkan anda mempunyai tinggi badan 165 cm, untuk mengetahui berat badan ideal kamu sebagai berikut:
(165 - 100) x 90% = 58,5 kg. Jadi, berat badan ideal kamu 58,5 kg

Kedua cara diatas sangat mudah, Cobalah sendiri menghitung berat badan kamu guys.
Haiii Kamu ? ? ? Proposionalkah ?  Hahaha :p #kikired

1 komentar: