Rabu, 19 November 2014

Mitos Seputar Makanan ! ! !



Benarkah karbohidrat akan membuat gemuk ? Apa garam akan meningkatkan tekanan darah ? Pasti hal tersebut sering kita dengarkan dilingkungan kita dan belum dapat dijelaskan kebenarannya. Tak sedikit jika mitos terkadang justru menyesatkan sehingga dapat menghambat kesehatan gizi. Padahal gizi merupakan salah satu pilar terpenting untuk kesehatan yang optimal. Untuk itu, kita perlu memahami dan waspada agar tidak terjebak dalam mitos yang salah, kali ini saya akan share beberapa mitos tentang makanan yang perlu kita ketahui bersama :
  • Protein pembentuk otot
Protein merupakan zat gizi sebagai pembangun dan pembangkit energy. Kita membutuhkan untuk fungsi tubuh. Tetapi tidak semua makanan bersumber protein sama baiknya. Mengkonsumsi banyak protein tak akan membantu membentuk otot jika kita tidak imbangi dengan berolahraga secara rutin.
  • Makanan organic lebih bernutrisi dari makanan non organic
Memang makanan organic banyak dinikmati orang karena tak mengandung bahan yang berbahaya seperti pestisida. Namun penelitian menunjukkan bahwa makanan organic tak lebih bernutrisi dibandingkan dengan makanan non organic.
  • Karbohidrat penyebab kegemukan
Karbohidrat adalah sumber kalori utama bagi tubuh. Untuk menurunkan berat badan asupan kalori memang harus lebih kecil daripada kalori yang tidak dipakai. Namun bukan berarti kita tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali. Karbohidrat yang dihasilkan oleh gandum utuh, buah-buahan, dan sayuran bisa meningkatkan energy dan mengurangi berat badan.
  • Garam tingkatkan tekanan darah
Garam bukan hanya berfungsi sebagai penyedap rasa. Selain untuk menambah berbagai variasi rasa pada makanan garam juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih alami. Jika kita memiliki tekanan darah tinggi, mengkonsumsi garam berlebih memang tidak bagus namun sebenarnya zat yang paling baik digunakan untuk melawan tekanan darah tinggi adalah potassium, sedangkan garam mengandum potassium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar